Siti Rahmawati P1 J3C213132
Pengertian E-Business
Pengertian E-Business
Dalam penggunaan sehari-hari, E-business tidak hanya
menyangkut e-commerce saja. Dalam hal ini, E-commerce lebih merupakan
sub bagian dari E-business, sementara E-business meliputi segala
macam fungsi dan kegiatan bisnis menggunakan data elektronik, termasuk
pemasaran Internet. Sebagai bagian dari E-business, e-commerce lebih
berfokus pada kegiatan transaksi bisnis lewat www atau Internet. Dengan
menggunakan sistem manajemen pengetahuan, E-commerce mempunyai goal
untuk menambah revenu dari perusahaan.
E–Business (Electronic Business) merupakan interaksi
eksternal organisasi dengan para pemasok, pelanggan, investor, kreditor
pemerintah, dan media massa juga termasuk penggunaan teknologi informasi untuk
mendesain kembali proses internalnya. materi ini akan memberikan pemahaman
dasar kepada para akuntan dan professional sistem mengenai peluang dan resiko.
Dengan menguasai ini, para akuntan dan professional sistem akan lebih siap
untuk secara aktif berpartisipasi dalam perencanaan, desain dan pengolahan
langkah – langkah awal E-business organisasi. Berdasarkan
beberapa definisi E-businessyang dikemukakan di atas, kita dapat
menggabungkannya ke dalam suatu definisi e-business yang utuh dengan melihat
kesamaan dari setiap definisi tersebut dan menggabungkannya. Kesamaan tersebut
dapat kita lihat dari beberapa sudut pandang, yaitu pelaku E-business,
alat atau media atau sumber daya yang digunakan, objek atau kegiatan yang
menjadi sasaran, tujuannya, dan keuntungan yang diberikan
E-business dapat dibagi-bagi menjadi beberapa kelompok :
Customer Relationship Management (CRM)
Strategi bisnis dari layanan dan sofware yang didesain untuk meningkatkan keuntungan , pendapatan dan kepuasan pelanggan.
Enterprise Resource Planning (ERP)
Strategi bisnis dari system informasi perusahaan yang dgunakan untuk koordinasi Sumber daya , informasi yang digunakkan untuk proses bisnis.
Enterprise Application Programs (EAI)
Strategi bisnis konsep integrasi dari proses bisnis yang memungkinkan antar perusahaan saling bertukar data.
Supply Chain Management (SCM)
Strategi Manajemen rantai suplai yang secara otomatis terkomputerisasi.
Pelaku E-Business
‐ Perusahaan, konsumen, perusahaan, supllier, rekan bisnis
Alat/Media/Sumber Daya yang Digunakan
‐ Teknologi informasi dan komunikasi
‐ Komputer
‐ Internet
Kegiatan Sasaran
‐ Kegiatan bisnis
‐ Proses bisnis utama
‐ Pembelian, penjualan, pelayanan, transaksi
Tujuan
‐ Koordinasi, Komunikasi dan Pengelolaan organisasi
‐ Sharing informasi
Keuntungan
- Pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi
- Efisien dan Efektif
- Peningkatan produktivitas dan keutungan
Pengaruh-Pengaruh E-Business Atas Proses Bisnis
- Pembeli dan Inbound Logistic. Internet dapat meningkatkan aktifitas pembeli dengan cara mempermudah perusahaan mengidentifikasi calon pemasok dan membandingkan harga.
- Data mengenai pembelian yang dilakukan sub unit organisasi yang berbeda dapat disentralisasikan, sehingga memungkinkan organisasi untuk menetapkan pembelian total diseluruh dunia atas berbagai produk.
- Operasi internal, sumber daya manusia, dan infrastuktur. Teknologi komunikasi tingkat lanjut dapat secara signifikan meningkatkan effisiensi operasi internal. Peningkatan akses ke informasi juga dapat secara signifikan meningkatkan perencanaan. Pada sumber daya manusia, aktifitas ini mendukung untuk effisiensi dan efektifitas dalam aktifitas utama.
- Outbound Logistic. Akses yang tepat waktu dan akurat atas informasi rinci tentang pengiriman memungkinkan penjual mengurangi biaya tranportasi melalui cara pengiriman gabungan ke para pelanggan yang dekat lokasinya satu dengan yang lainnya. Informasi yang lebih tepat waktu tentang penjualan dapat membantu pabrik mengoptimalkan jumlah persediaan yang ditanggungnya.
- Penjualan dan Pemasaran. Perusahaan dapat menciptakan katalog elektronik di Website mereka untuk mengotomatisasikan input pesanan penjualan. Kemampuan ini tidak hanya memungkinkan para pelanggan menyampaikan pesanan saat mereka menginginkannya, tetapi juga dapat secara signifikan mengurangi jumlah staf dengan cara meniadakan telepon, surat-menyurat atau pengiriman faks.
- Pelayanan dan dukungan Purnajual. E-business dapat secara signifikan meningkatkan kualitas dukungan purnajual ke para pelanggan.
Contoh E-Business yang berhubungan dengan SIA
Kita dapat ambil contoh : Harian Kompas yang juga memiliki
e-bisnis Kompas Online. Kompas menjalankan proses bisnis utamanya berupa
penyediaan berita dan distribusinya, tidak lagi hanya melalui media cetak saja
tetapi juga melalui internet. Keutungan yang dapat diberikan Kompas online
dapat diakses oleh seluruh penduduk di Indonesia (bahkan dunia), up to date,
memangkas biaya kertas, dapat diakses 24 jam, dll. Nah keuntungan yang
kita dapat atau manfaat dari e business itu adalah :
• Memperluas pasar hingga mencakup pasar nasional dan pasar global, sehingga perusahaan bisa menjangkau lebih banyak pelanggan, memilih pemasok terbaik, dan menjalin relasi dengan mitra bisnis yang dinilai paling cocok.
• Menekan biaya menyusun, memproses, mendistribusikan, menyimpan, dan mengakses informasi berbasis kertas (paperbased information).
• Memungkinkan perusahaan untuk menerapkan mass customization terhadap produk dan jasanya.
• Menekan waktu antara pembayaran dan penerimaan produk/jasa.
• Meningkatkan produktivitas karyawan melalui rekayasa ulang proses bisnis.
• Menekan biaya telekomunikasi.
• Manfaat-manfaat lainnya, seperti citra yang lebih baik, layanan pelanggan yang lebih bagus, proses yang lebih sederhana, mitra bisnis yang baru, waktu siklus dan pengiriman yang lebih singkat, akses terhadap informasi yang lebih luas, biaya transportasi yang lebih murah, dan fleksibilitasyang lebih tinggi.
• Pembeli atau customer dapat dengan mudah melihat barang yang di produksi perusahaan tersebut melalui internet, sehingga tidak repot harus ke tempat hanya untuk melihat barang.
• Memperluas pasar hingga mencakup pasar nasional dan pasar global, sehingga perusahaan bisa menjangkau lebih banyak pelanggan, memilih pemasok terbaik, dan menjalin relasi dengan mitra bisnis yang dinilai paling cocok.
• Menekan biaya menyusun, memproses, mendistribusikan, menyimpan, dan mengakses informasi berbasis kertas (paperbased information).
• Memungkinkan perusahaan untuk menerapkan mass customization terhadap produk dan jasanya.
• Menekan waktu antara pembayaran dan penerimaan produk/jasa.
• Meningkatkan produktivitas karyawan melalui rekayasa ulang proses bisnis.
• Menekan biaya telekomunikasi.
• Manfaat-manfaat lainnya, seperti citra yang lebih baik, layanan pelanggan yang lebih bagus, proses yang lebih sederhana, mitra bisnis yang baru, waktu siklus dan pengiriman yang lebih singkat, akses terhadap informasi yang lebih luas, biaya transportasi yang lebih murah, dan fleksibilitasyang lebih tinggi.
• Pembeli atau customer dapat dengan mudah melihat barang yang di produksi perusahaan tersebut melalui internet, sehingga tidak repot harus ke tempat hanya untuk melihat barang.
Kesimpulannya :
Jadi dapat disimpulkan bahwa e-bussiness dapat mempermudah
kita untuk melakukan pemasaran,
promosi, public relations, transaksi, pembayaran, dan penjadwalan pengiriman
uang. Dengan e-bussiness semua juga dapat dilakukan dengan mudah dan
cepat. Keuntungan e-bussiness untuk para pelaku usaha juga dapat memperkecil
biaya produksi jadi para pelaku usaha hanya perlu melakukan promosi lewat media
sosial tidak perlu lagi menggunakan iklan atau berupa brosur-brosur yang
biasanya dapat mematok biaya lebih tinggi, keuntungan lainnya pun para pelaku
usaha dapat lebih mudah mendapatkan banyak pelanggan serta penjualan pun akan
lebih meninggkat karna banyaknya permintaan dari pelanggan-pelanggan baru.
Selain juga para pelaku usaha dapat meningkatkan sistem bisnisnya ke arah
global dan internasional. Jadi bukan hanya masyarakat dalam negeri kita yang
dapat melihat hasil produksi tapi juga masyarakat luar bisa melihat hasil
produksi kita dan masyarakat luar pun dapat dengan mudah memesan produk kita
tanpa harus jauh-jauh pergi ke Indonesia. Selain itu keuntungannya untuk para pengguna
adalah mempermudah untuk melihat mengenai informasi produk terbaru dengan
cepat.
Sumber :
1. http://rullyansyahoetamaofgunadarma.blogspot.com/2013/11/rangkuman-tentang-materi-e-business.html
2. http://fachryscooterist.blogspot.com/2013/11/rangkuman-e-business-dan-contoh-yang.html
Blog teman yang saya komentari :
1. http://puputnp.blogspot.com/?showComment=1441729410949
2. http://celoti.blogspot.com/2015/09/e-business-dan-e-government.html?showComment=1441730439417#c152819713485114117
3. http://diyahputric.blogspot.com/
http://ipb.ac.id
Terimakasih rahma atas informasinya..
BalasHapussaya ingin bertanya, problem apa ya yang masih menjadi kendala bagi pelaku e-business di indonesia ?
Rahma makasih atas informasinya mengenai e-business dan e-government, menurut rahma apa saja kunci sukses pelaksanaan egov oleh pemerintah atau swasta/masyarakat?
BalasHapus